• SMKS PGRI BATANG
  • SMK Bisa, SMK PGRI Batang Hebat

ARTIKEL EDI SUSIANTO

MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING ( PjBL ) DENGAN PENDEKATAN DIFERENSIASI DAN SOSIAL EMOSIONAL BERBASIS VAK ( Visual, Audiotory, dan Kinestik )  UNTUK MENGETAHUI MINAT DAN BAKAT PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN DASAR – DASAR PEMASARAN MATERI PROSEDUR K3 DALAM BEKERJA DAN PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN

 

Oleh : Edi Susianto, S. E

Guru Mata Pelajaran Dasar - Dasar Pemasaran  SMK PGRI Batang Jawa Tengah

Pembelajaran kreatif dan  inovatif menekankan pada proses keaktifan belajar siswa, yang difokuskan pada penerapan pengetahuan dalam kehidupan sehari – hari  siswa, sehingga pembelajaran lebih bermakna bagi diri siswa. Karakteristik pembelajaran ini merepresentasikan proses belajar melalui aktivitas mengidentifikasi masalah, merancang penyelesaian dan menyelesaikan masalah serta mengevaluasi pemecahan yang dilakukan siswa. Menurut Blanchard (dalam Haryono, 2015) menegaskan bahwa pembelajaran inovati mencakup enam unsur yaitu: pembelajaran bermakna, penerapan pengetahuan, berpikir tingkat tinggi, kurikulum berdasarkan standar, responsif terhadap budaya dan menggunakan penilaian autentik

Para ahli boleh saja memiliki penafsiran arti yang berbeda-beda, namun inti dasarnya tetap sama. Project based learning adalah model pembelajaran berupa tugas nyata seperti kerja proyek, berkelompok, dan mendalam untuk mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna.

Adapun pengertian project based learning menurut para ahli adalah sebagai berikut.

  1. Menurut Goodman dan Stivers, yaitu pendekatan pengajaran yang dibangun di atas kegiatan pembelajaran dan tugas nyata yang memberikan tantangan bagi peserta didik yang terkait dengan kehidupan sehari-hari untuk dipecahkan secara berkelompok.
  2. Menurut Made Wena, yaitu model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada pendidik untuk mengelola pembelajaran di kelas dengan melibatkan kerja proyek.
  3. Menurut Grant, yaitu model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik untuk melakukan suatu investigasi yang mendalam terhadap suatu topik.
  4. Menurut Afriana, yaitu model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan memberikan pengalaman belajar bermakna bagi peserta didik.
  5. Menurut Fathurrohman, yaitu model pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai sarana pembelajaran untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

 

Bentuk pembelajaran berdiferensiasi di kelas dapat mencakup tiga jenis yaitu,

  1. Diferensiasi konten
  2. Diferensiasi proses
  3. Diferensiasi produk

Pembelajaran berdiferensiasi adalah solusi pembelajaran berkualitas yang mengakomodasi kebutuhan belajar setiap peserta didik

Dalam Model pembelajaran yang  inovatif, siswa dilibatkan secara aktif dan bukan sekedar dijadikan sebagai objek. Dalam pembelajaran inovatif sejumlah model pembelajaran telah dipublikasikan melalui media tulis, diantaranya: Pembelajaran siswa aktif, multiple intellegence, holistic education, experiencial learning, problem based learning, project based learning, accelerated learning, cooperative learning, collaborative learning, mastery learning, contextual learning, inquiry learning, dan constructivism.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan model pembelajaran project based learning untuk mengembangkan ketrampilan abad 21 yakni kreativitas dan inovasi pada siswa di sekolah menengah kejuruan . Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran berdiferensiasi dengan model project based learning mampu menciptakan iklim pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna serta dapat mengembangkan ketrampilan kreativitas dan inovasi sesuai dengan minat dan bakat siswa SMK PGRI Batang yang merupakan salah satu ketrampilan abad 21, hal ini dibuktikan dengan implementasi pembelajaran yang berjalan sesuai dengan rencana dan menghasilkan suasana pembelajaran yang memberikan kebebasan bagi siswa dalam mengekspresikan potensi sesuai minat dan kemampuan, serta hasil penilaian ketrampilan kreativitas dan inovasi pada seluruh kegiatan proyek menunjukan kategori kreatif hingga sangat kreatif.

Dengan demikian sangat penting bagi guru menentukan model dan media pembelajaran yang interaktif agar menumbuhkan motivasi siswa dalam pembelajaran sebagai salah satu penunjang keberhasilan siswa dalam pembelajaran dasar dasar pemasaran dikelas di kelas. Sebab model dan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa  ( minat dan bakat )  akan menentukan keberhasilan dalam proses belajar mengajar dan tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan yang diinginkan oleh guru dan murid.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Pada Hari Kamis Tanggal 2 Mei SMKS PGRI Batang Melaksanakan Upacara Bendera Hari Pendidikan Nasional Sekaligus Memberi Penghargaan Kepada Pemenang Lomba

   Pada hari Kamis, tanggal 2 Mei, SMKS PGRI Batang menggelar sebuah acara yang sangat berarti, yaitu upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Pend

02/05/2024 10:13 - Oleh Administrator - Dilihat 133 kali
Lomba Seni Monolog FLS2N Atas Nama Hafi Rosma Neli kelas XI BR Mendapatkan Juara 3

Lomba Seni Monolog FLS2N Kabupaten Batang menjadi ajang yang memperlihatkan bakat dan kreativitas para peserta. Salah satu peserta yang berhasil menonjol adalah Hafi Rosma Neli dari kel

02/05/2024 09:06 - Oleh Administrator - Dilihat 122 kali
Lomba O2SN Cabor Bulutangkis Atas Nama Dwi Seli Febriana Berhasil Mendapat Juara 3

Dwi Seli Febriana menorehkan prestasi gemilang dalam ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) cabang bulutangkis dengan meraih juara 3. Dalam persaingan yang ketat

30/04/2024 08:48 - Oleh Administrator - Dilihat 184 kali
Lomba O2SN Cabor Pencak Silat Atas Nama Revi Karima Ningtyas Mendapatkan Juara 3

   Revi Karima Ningtyas berhasil meraih prestasi gemilang di Lomba 02SN Cabor Pencak Silat. Dengan tekad dan semangat juang yang luar biasa, Revi berhasil menembus jalur menuj

30/04/2024 08:40 - Oleh Administrator - Dilihat 118 kali
Dea Amelia Meraih Juara 1 Dari Lomba LKS Akuntansi Tingkat Kabupaten Batang

     Dea Amelia memperoleh prestasi gemilang dengan meraih Juara 1 dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Akuntansi tingkat Kabupaten Batang. Keberhasilan ini merupakan hasil

13/03/2024 08:10 - Oleh Administrator - Dilihat 210 kali